Memanfaatkan Waktu Luang Untuk Belajar Dan Berbagi

 
.:: Waktu Saat Ini ::.
.:: Kunjungan Hari Ini ::.
.:: Link Sahabat ::.
.:: Tag BoardQ ::.

.:: Affiliates ::.

    Forum Kendari Info

    Forum Komunikasi Masyarakat Sultra

    Kendari-Underground

    I Support IGOS Summit 2

    Join 4Shared Now!

Mengenal Logical Volume Manager (LVM)
Sabtu, 23 Juni 2007
Para pengguna komputer telah sangat paham dengan apa itu partisi, dan saat ini sistem pastisi yang paling populer adalah FAT dan NTFS, kedua sistem partisi ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Akan tetapi jika ditinjau dari segi History, maka model partisi NTFS adalah yang terbaru, sebab partisi NTFS baru diterapkan pada sistem operasi windows XP dan variannya serta pada generasi selanjutnya.
Nah, tak mau kalah dengan dengan Windows, LINUX yang sangat terkenal dengan kreativitasnya telah menyediakan model partisi yang lebih fleksibel dan leluasa dalam membuat ataupun merubah partisi sebuah Disk. Berikut adalah uraian mengenai apa itu LVM ( Logical Volume Manager )yang saya kutip dari tulisan Iwan Setiawan

LVM adalah sebuah manajemen penyimpan di sistem operasi GNU/Linux yang menyediakan fleksibilitas dalam membuat dan mengubah partisi dalam sebuah disk. LVM menambahkan
lapisan antara antarmuka I/O kernel dengan perangkat fisik untuk mendapatkan logicalview dari penyimpan. Dengan adanya lapisan inilah kita dapat melakukan perubahan partisi baik itu resize, penghapusan, dan lain lain secara live pada sistem baik untuk satu atau lebih media.

Kemudahan tersebut akan membuat administrator maupun pengguna lebih nyaman dalam melakukan manajemen dan alokasi ruang penyimpan hingga penamaan volume. Selain itu kita dapat melakukan snapshot dan membuat blockdevice salinan sebuah partisi atau lebih untuk mencatat statusnya dengan tujuan backup.

Ada beberapa istilah yang dikenal di dunia LVM yaitu:

1. Physical Volume (PV), adalah physical disk atau media penyimpan secara fisik baik itu berupa partisi secara konvensional misal: hda1, hda3, hdc5, sda3 maupun RAID.
2. Volume Group (VG), adalah sebuah volume yang dibuat dari satu atau lebih PV dalam media penyimpan dan juga sebagai manajer bagi PV dan LV.
3. Logical Volume (LV), adalah partisi secara logical yang dibuat di atas VG dan pada LV inilah filesystem akan diletakkan.
4. Physical Extents (PE), adalah bagian bagian atau potongan yang membentuk sebuah PV, dengan PE ini dapat ditentukan maksimal ukuran sebuah VG.
5. Logical Extents (LE), adalah bagian atau potongan yang membentuk LV, ukurannya sama dengan PE.

Versi yang telah dirilis adalah LVM 1 dan LVM 2. Perbedaannya, LVM 1 telah matang, stabil, dan kernel drivernya disertakan dalam kernel linux1 Dipresentasikan pertama kali di JEMUAh KPLI Jogja tanggal 13 Februari 2005
1 Filesystem (ext3, reiserfs, dll) LV VG PV (hda1, hdc3, sda2, dst) 2.4.x sedangkan LVM 2 merupakan versi terakhir, backward compatible dengan rilis sebelumnya kecuali snapshot, dan menggunakan devicemapper pada kernel 2.6.x atau patch pada 2.4.x.

Bagaimana cara menggunakannya dalam sistem kita? Secara garis besar langkah langkahnya ada di bawah ini.

1. Pastikan bahwa kernel Anda sudah mendukung LVM, dapat berupa modul (lvmmod)
atau include di dalam kernel, lihat dengan perintah dmesg.
2. Set partisi harddisk yang diinginkan ke tipe LVM yaitu 0x8e, melalui tool
partisi seperti fdisk, cfdisk, dan lain lain.
3. Instal tool dan pustaka untuk LVM dan filesystem yang mendukung perubahan partisi, misal lvm1.0.8 dan reiserfsprogs untuk Reiserfs.
4. Backup data Anda. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi.
5. Inisialisasi LVM dengan vgscan.
6. Buat partisi yang telah diset dengan tipe 0x8e ke PV dengan pvcreate.
7. Lakukan pembuatan VG dengan perintah vgcreate.
8. Kemudian buat LV dengan lvcreate.
9. Lihat halaman manual cara penggunaan perintah perintah di atas.
10.Buat filesystem untuk LV yang diinginkan, sesuaikan dengan jenisnya misal menggunakan mkreiserfs untuk Reiserfs.

Keuntungan menggunakan LVM adalah fleksibilitas manajemen dan alokasi partisi. Kekurangannya adalah kesulitan bagi pengguna dengan distro yang tidak menyertakan dukungan LVM secara default terutama saat instalasi dan mempunyai resiko bagi yang belum terbiasa menggunakannya ;­)

Catatan: partisi /boot tetap dijadikan partisi seperti biasa karena bootloader yang ada sekarang ini belum dapat membaca partisi di atas LVM. Untuk partisi / yang menggunakan LVM membutuhkan initrd untuk meload dukungannya pada saat boot yang berfungsi agar dapat mengaktifkan root LV. Cara pembuatan initrd lebih mudah karena telah disediakan skrip untuk melakukan hal tersebut yaitu menggunakan lvmcreate_initrd.
posted by @dhe @ 09.57  
Komunitas Blogger Kendari

    Kendari Blogger Community

@dhe
West Jakarta, Jakarta, Indonesia
Posting Sebelumnya
Arsip Blog
Link Anakonda
Tongkrongan Favorit Gue
.:: Info ::.

Powered by  MyPagerank.Net

© 2005 Memanfaatkan Waktu Luang Untuk Belajar Dan Berbagi .::Tech-Blue Template by Isnaini::.