Memanfaatkan Waktu Luang Untuk Belajar Dan Berbagi

 
.:: Waktu Saat Ini ::.
.:: Kunjungan Hari Ini ::.
.:: Link Sahabat ::.
.:: Tag BoardQ ::.

.:: Affiliates ::.

    Forum Kendari Info

    Forum Komunikasi Masyarakat Sultra

    Kendari-Underground

    I Support IGOS Summit 2

    Join 4Shared Now!

Windows XP Versi Bahasa Tolaki
Sabtu, 10 Mei 2008
Pagi ini, Penyakit lama kambuh lagi...heheheee.....hobby yang kadang bikin sewot orang lain [baca: pembuat software], maka dari itu sebelum diomel omelin ama Crew Bill Gates, saya minta maaf duluan deh! karena kali ini, Windows XP-nya yang kebagian saya oprek oprek dikit... hihihi.....

Ide awalnya seh ga sampai kesana, cuman karena setelah liat beberapa versi windows yang telah dimodifikasi habis tapi hasilnya keren bikin saya penasaran. untung aja ga mati penasaran. Motivasi keingintahuan tiba tiba lewat tuh diotak, langsung deh laci kerja diobrak abrik buat nyari CD Windows XP SP1. Ternyata ketemu juga, terselip di CD Koleksi saya, si CD udah angkat bendera putih sebagai wujud penolakan alias nyerah dibarengi kata "ampun"...hehehee...tapi saya ga peduli..... ah....si Adhe aya aya wae... masa CD bisa ngomong!

Yang ada dipikiran saya adalah gimana ngoprek windows XP biar bisa dimengerti ama penduduk awam di kampung saya. Secara saya berasal dari Kendari ibukota dari Sulawesi Tenggara. soalnya kalo masih yg versi Original bahasa inggris, kasian Bapak saya, boro boro bahasa inggris wong bahasa Indonesia aja masih amburadul. maklum aja keluarga termasuk dalam data BPS sebagai warga miskin! untung aja waktu kecil ga ampe kena yang namanya Gizi Buruk cuman kebagian wajah Buruk...... gubrak....yaa Allah Tolong.........hehehehehee.......

Singkat Cerita, saya oprek deh itu windows, dengan diawali ucapan Basmalah, aksi mengintip source code windows pun dimulai, saya ingin membuat windows versi bahasa tolaki. yakni bahasa dari penduduk asli kendari. buka sana buka sini, akhirnya ketemu juga tuh jendela awal ketika kita melakukan installasi. hm....ternyata susah juga yah....bongkar hasil karya orang, apalagi kalo udah di compile. Tapi gpp wong upaya nyuri nyuri waktu kerja tidak sia sia. Berikut adalah screen shoot hasil oprekan diatas.



Udah puyeng ngeliat source codenya ditambah lagi penguasaan bahasa Tolaki saya yang ala kadarnya, maka jadinya kaya gitu doang.....hihihi..... Insyah Allah nanti kalo pulang kampung, saya akan belajar bahasa Tolaki biar benar benar bisa jadi ngga malu maluin kalo berhadapan ama sesepuh a.k.a orang tua dikampung.

Semoga OS Windows Versi Bahasa Tolaki ini, secepatnya selesai deh.....biar Bapak saya bisa pake komputer juga......gubrak......wuakakakakak...boro boro punya komputer, orang barusan beliau nelpon katanya harga Sagu [makanan khas tolaki] sudah naik lagi, padahal BBM belum naik.....sungguh terlalu kau Pemerintah!
posted by @dhe @ 09.59  
8 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
Komunitas Blogger Kendari

    Kendari Blogger Community

@dhe
West Jakarta, Jakarta, Indonesia
Posting Sebelumnya
Arsip Blog
Link Anakonda
Tongkrongan Favorit Gue
.:: Info ::.

Powered by  MyPagerank.Net

© 2005 Memanfaatkan Waktu Luang Untuk Belajar Dan Berbagi .::Tech-Blue Template by Isnaini::.